Kamis, 26 Maret 2015

BASMALAH SARENG HAMDALAH





بسم الله الرحمن الرحيم .
I.                   MA’NA BASMALAH
NGAWITAN URANG NGAOS KALWAN NGALAP BERKAH KUNYEBAT JENENGAN ALLAH ANU KATANGGAR KANYAHNA KUSAKULIAH MAKHLUK SARENG KATANGGAR KAASIHNA KU NGARTI KANA AGAMA.

II.                DALIL MEMBACA بسم الله الرحمن الرحيم
1.      TURUT KANA TARTIBAN DINA AL-QUR’AN ANU DIKAWITAN KU MACA بسم الله الرحمن الرحيم

2.      TURUT KANA HADITS
كل أمر ذي لا يبدأ ببسم الله الرمن الرحيم فهو اقطع
HARTOSNA SETIAP PERKARA ANU SAE NU TEU DIKAWITAN KU MACA BISMILAH MAKA PERKARA ANU SAE TEH POTONG (TEU AYA BERKAH.)

III.             HUKUM MACANA
1.      WAJIB SEPERTOS BACAAN DINA SHOLAT
2.        HARAM SEPERTOS MACA KANGGO DAMBELAN MA’SHIAT
3.      SUNNAT SEPERTOS PERKARA ANU SAE CONTONA NGARANG KITAB
4.      MAKRUH SEPERTOS PERKARA ANU MAKRUH
5.      MUBAH SEPERTOS NGALIHKEUN BARANG. 

IV.             FADILAH NGAOS BASMALAH
1.      JANTEUN WASILAH KENGENG KABERKAHAN TI GUSTI ALLAH
2.      ALLAH BAKAL NYALAMETKEUN TINA MALAIKAT JABANIYAH
3.      DIGERO KU SYURGA SARTA DI DOAKEUN KUSURGA
4.      AYA JALINAN ANU ERAT SARENG ALLAH
5.      JAUH TINA PUTUS ASA WALAUPUN NU DIHADAPI SULIT.

B.     الحمد لله رب العا لمين
I.                   MA’NA
SAGALA PUJI MILIK ALLAH ANU NGURUS SAGALA ALAM
II.                DALIL MACA HAMDALAH
1.      TURUT KANA TARTIBAN KITAB AL-QUR’AN
2.      TURUT KANA HADIS
لا يشكر الله من لم يحمده
“TEU SAMPURNA SYUKURAN KA ALLAH HIJI JALMA ANU TEU MUJI KA ANJEUNA”

III.             PEMBAGIAN PUJI
1.      PUJI TI ALLAH KA ALLAH SEPERTOS DINA SURAT AL-ANFAL; 40
نعم المولي ونعم النصير
2.      PUJI TI ALLAH KA MAKHLUK SEPERTOS DINA SURAT SHAD; 30
نعم العبد انه اواب
“ANJEUNAN TEH PANGSAESAENA HAMBA, SAESTUNA ANJEUNA POHARA TAATNA”
3.      PUJI MAKHLUK KA ALLAH SEPERTOS NGUCAPKEUN HAMDALAH
4.      PUJI MAHLUK K MAHLUK SEPERTOS MUJI KA RERENCANGAN
  

IV.             HUKUM MACA HAMDALAH
1.      WAJIB, SEPERTOS DINA SHOLAT
2.      SUNAH, SEPERTOS DINA NGAWITAN NGA DO’A
3.      MAKRUH SEPERTOS DINA TEMPAT QODHO HAJAT
4.       HARAM SEPERTOS DINA MA’SIAT

V.                RUKUN MUJI
1.      حا مد: ANU MUJI
2.      محمود; ANU DIPUJINA
3.      محمود به;ALAT MUJI BIASANA KU LISAN
4.      محمود عليه: ALASAN MUJI BIASANA NI’MAT
5.      SHIGAT MUJI: NGAOSAN الحمد لله رب العا لمين

VI.             FADILLAH NGAOS HAMDALAH
1.      DIPIKA CINTA KU ALLAH
2.      DIHAMPURA DOSA KU ALLAH
3.      BAKAL SERING EMUT KANA ROHMAT

DAFTAR PUTAKA
IS’ADUR ROFIQ SYARAH SULAM TAUFIQ
NAILUR ROJA SYARAH SAFINATUN NAJA





ULUMUL QUR'AN

Al-qur'an merupakan pedoman bagi umat manusia khususnya bagi kaum muslimin, oleh karena itu wajarlah kalau tidak disebut wajib, umat islam tidak boleh lepas dari al-qur'an, terutama di  lembaga pendidikan baik formal atau tidak formal, baik hanya membaca atau tadarus, tahfidz, mengkaji tafsir, membahas tajwid. dalam hal ini Penulis akan sedkit mengulas tentang muqodimah ulumul qur'an.

A. Pengertian 
ulumul qur'an terdiri dari dua kata ulum dan qur'an. "Ulum " jamak dari "ilm" ilm adalah pengetahuan (Tafsir, 2012:8). sedangkan al-qur'an adalah firman Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. yang membacanya merupakan ibadah ( Faturahman, 2009:23). adapun maksud dari ulumul qur'an adalah seluruh pembahasan yang berhubungan dengan al-qur'anul majid yang abadi baik dari segi penyususnannya, pengumpulannya, sistematikannya, perbedaan antara surat makyah dan madanyah, nasikh, mansukh, ayat-ayat muhkamat dan mutasabihat, serta pembahasan yang lainnya yang berhubungan dengan al-qur'an ( as-shabuny, 1985: 8).

Ulumul qur'an sangat erta hubungannya dengan tafsir bahkan sayyid alwi al-maliki ( Tt; 5) ulumul qur'an merupakan musthalahul tafsir. keduanya memang ada persamaan dan perbedaan. keduanya terdapat persamaan dalam masalah pembahasan dan metodologi ilmunya. adapun perbedaannya yaitu ilmu tafsir merupakan ilmu untuk memahami al-qur'an dan menjelaskan maknanya, menyimpulkan hukum, dan hikmahnya. (Faturahman, 2009:25)

B. Cara mempelajari ulumul qur'an
cara mempelajari ulumul qur'an bisa dengan dua cara ( faturahman,2009:27) yaitu:
1. dengan langsung mempelajari kitab-kitab ulumul qur'an yang sudah jadi seperti 'alitqan fi ulumul qur'an, mabahits ulumul qur'an, at-tibyan fi ulumul qur'an. cara pertama ini akan merupakan cara khusus yang lebih mudah karena sudah terdapat dari berbagai macam ilmu al-qur'an.

2.dengan cara mengembalikan kepada ilmu-ilmu yang berkompeten membahasnya seperti imu tajwid dengan kitan hidayatul mustafid, al-jazaryah, fathul atfal. ilmu ushul fiqh dengan kitab al-mustasfa, al waroqot, ar-risalah. ilmu asbabun nuzul dengan kitab lubab an-nuqul.

C. kegunaan ulumul qur'an
diantara kegunaan ulumul qur'an yaitu ( faturahman,2009:28) :
1. sebagai alat untuk memahami al-qur'an secara benar  dan tersistematiaka yang baik
2. sebagai pengembangan pemahaman al-qur'an dalam menjawab tantangan jaman
3. sebagai pengembangan ilmu-ilmu al-qur'an yang maslahat untuk setiap tempat dan jaman
4. dengan memahami ulumul qur'an dapat menggali potensi, hikmah dan hukum dalam al-qur'an

D. Kodifikasi ulumul qur'an
istilah ulumul qur'an menurut ulama tafsir muncul pada abad ketujuh, tetapi di maktabah darul kutub al-misryah terdapat manuskrip karya ali bin ibrahim bin said yang terkenal denagn nama "al-hufi" yang wafat pada tahun 330 H. nama kitabnya adalah 'al-burhan fi ulumil qur'an terdiri dari 30 jilid yang ada hanya 15 jilid tidak beratuan ( Faturahman, 2009:29).

Demikianlah sekelumit tentang ulumul qur'an sebagai muqodimah. 

Daftar Pustaka

'Alwi al-maliki  (Tt.)      "al-qowaid asasiah fi ulumil qur'an", surabaya:alharomain
Ashobuny       (1985)  " At-Tibyan fi ulumil qur'an", Baerut: aalimul kutub
faturahman asep ( 2009) studi ilmu-ilmu al-qur'an, Bandung
Tafsir Ahmad ( 2012) Ilmu Pendidikan islam, Bandung: Rosda